Apabila anda setahun yang lalu pernah melakukan registrasi domain dot COM, maka tahun ini tiba saatnya untuk memperpanjang masa berlaku domain anda. Jika anda tidak ingin memperpanjang masa berlaku domainnya, Apa yang akan terjadi? Apakah domain itu bisa langsung bebas dijualbelikan ke publik? Sayangnya tidak. gTLD (Generic Top Level Domain) seperti Dot COM punya siklus daur ulangnya sendiri.
Nah Rangkaian di bawah ini saya akan menjelaskan siklus hidup domain DOT COM.

1. Available
Domain Dot COM yang masih available bisa di daftarkan oleh siapapun. Memang dulu pernah berlaku aturan siapa cepat dia yang dapat. Namun kini sudah ada WIPO (Word Intellectual Property Organization), yaitu sebuah lembaga khusus yang menangani gugatan hak merk tertentu. Untuk mengecek ketersediaan sebuah domain, anda bisa melakukan sebuah pencarian melalui http://who.is.

2. Active (Payback Period)
Anda telah mendaftar sebuah domain Dot COM melalui register kepercayaan anda. Selama 30-60 hari, Domain Dot COM anda masuk dalam Payback period. Artinya, Domain tersebut masih bisa di cancel dan pembayaran anda masih bisa direfund (dikurangi 10% untuk pajak). Namun selama periode ini, domain Dot COM anda yang sudah aktif statusnya masih terkunci, jadi domain anda msih belum bisa di transfer ke provider domain lain.

3. Active
Selepas Payback Peroid, domain Dot COM anda kini bebas di transfer ke register lain jika di perlukan. Asalkan anda dapat kendali penuh atas domain anda. Sayangnya tidak semua register memberikan kendali penuh, terutama jika anda membeli dengan harga yang terlampau murah. Maka jangan terjebak permainan harga . Iming-iming harga biarlah jadi pertimbangan belanja domain dari generasi tahun kemarin. Generasi user intrnet yang lebih bijak mengutamakan kendali penuh terhadap domainnya.

4. Renewal
Satu tahun kemudian masa berlaku domain anda habis. Pada H-30 dari tanggal habis berlaku domain anda, register akan mulai mengirim email tagihan pada inbox anda. Jika anda melakukan renewal maka domain anda akan masuk ke status active. Sedangkan bila tidak, domain anda akan mulai masuk ke status Expired.

5. Expired
Misalnya domain Dot COM anda tidak di perpanjang karena suatu alasan, selama 45 hari dari tanggal jatuh tempo, berfungsi, karena Name Server anda akan di ambil alih Registry. Tetapi jangan khwatir, dalam tenggat waktu 45 hari ini, domain Dot COM masih bisa di perpanjang  pada register anda dengan harga normal.

6. Redemption (Grace) Period
Kenapa pada status expired saya bilang domain anda masih bisa di perpanjang dengan harga normal? Seabab apabila domain anda sudah masuk ke status Redemption Peroid, maka untuk bisa mendapatkan domain anda kembali, anda harus membayar biaya restore yang mencapai 10 kali lipat harga perpanjangan normal. Masa Redemption Peroid sebuah domain itu beda-beda setiap registry, antara 30sampai 6x30 hari.

7. Pending Deletion
Setelah bebas dari Redemption Peroid, anda harus menunggu selama 5 hari hingga domain anda benar-benar di hapus dari database ICANN. Masa menunggu inilah yang di sebut Pending Deletion.

8. Avalable
Mantan domain Dot COM anda kini bisa di daftar ulang oleh siapapun, termasuk layanan domain snatcher yang sudah tidak sabar untuk menangkap domain-domain populer yang baru saja lepas dari status Pending Deletion. Jika bermaksud mendapatkan kembali domain Dot COM anda, maka pertimbangkan untuk menggunakan layanan domain snatcher juga, snap-name.com misalnya. tentu dengan biaya yang tidak murah.

Catatan: anda tidak kehilangan apapun dengan melakukan renewal lebih cepat. Sebagai contoh, jika domain anda expired pada 12/12/2012, tetapi anda telah melakukan perpanjangan 1 atau 2 bulan sebelumnya atau kapanpun selama domain belum expired, tanggal expired baru domain akan menjadi 12/12/2014.

Fase Hidup Domain ( Domain Life cycle) diatas berlaku pada domain COM dan NET. Domain ORG, INFO, BIZ, US & CN mungkin memiliki fase hidup yang sama, hanya nama statusnya saja yang mungkin berbeda. Untuk domain WS tidak memiliki REDEMPTIONPERIOD, akan dilepas 25 hari setelah expired. Untuk domain .ID akan dilepas 30 hari setelah expired. Setiap registrar memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai menentukan durasi Fase Hidup Domain ( Domain Life cycle).


Thursday, August 15, 2013







« Back

Powered by WHMCompleteSolution